Diposkan oleh djumriana | 02.50 | 0 komentar »

Selamat Datang di Makassar


Makassar adalah Ibu Kota Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat menarik, pulau-pulau eksotis, pantai yang indah, kesenian yang atraktif, hiburan, dan kuliner khas. Makassar juga merupakan pintu gerbang wisata lainnya di Sulawesi, seperti Tana Toraja, Bunaken, dan Wakatobi.

Makassar dapat dijangkau melalui udara atau laut. Banyak penerbangan langsung ke Makassar, satu jam dari Bali dan Surabaya, dua jam dari Jakarta. dan tiga jam dari Kuala Lumpur.

Gedung Kesenian Sulawesi Selatan

MAU lihat berbagai pertunjukan teater, pameran lukisan, seni instalasi, konser musik, dan sebagaianya? Nuansa berkesenian terasa unik karena bangunan gedung ini merupakan gedung kuno yang tetap dipertahankan keaslian bentuknya.

Lokasi
Gedung Kesenian Sulawesi Selatan terletak di Jl Riburane No 15. Jaraknya dari hanya sekitar 600 meter sebelah barat pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi).

Sejarah
Societeit de Harmonie berarti gedung perkumpulan harmoni. Dulu kala, gedung ini tidak hanya digunakan untuk acara kesenian, tetapi juga sebagai tempat pertemuan gubernur, walikota, dan Petinggi Militer Belanda.

Bangunan ini berciri Eropa abad XIX, bergaya Renaisance atau Yunani baru. Societeit de Harmonie Makassar dibangun pada tahun 1896. Pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), gedung ini dijadikan sebagai balai kota masyarakat. Selain digunakan sebagai tempat rapatrapat untuk kepentingan Jepang, gedung ini juga digunakan untuk pertunjukan seni.

Pada masa setelah kemerdekaan, gedung ini silih berganti fungsi, antara fungsi sebagai kantor dan sebagai gedung pertunjukkan. Tahun 1998, para praktisi kesenian berhasil mendesak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memfungsikan gedung ini penuh sebagai gedung kesenian sekaligus merenovasi dan menambah peralatan pertunjukan.

Sejak tahun 2001, pemuda dan para praktisi kesenian Sulawesi Selatan menamakan gedung peninggalan sejarah ini dengan nama Gedung Kesenian Sulawesi Selatan Societeit de Harmoni.

0 komentar

Poskan Komentar